Jumat, 15 Desember 2017

TUTORIAL CARA MEMBUAT DOMPET LIPAT dari Kain Perca


3.Alat dan bahan-bahan yang diperlukan diantaranya:Gunting, jarum, benang, kain katun, viselin, kain sponbond untuk lapisan, kain perca beludru dan kancing hias.

Cara membuat dompet lipat dari kain perca katun


Tutorial 1 membuat dompet lipat dari perca katun

1. Untuk bagian luar dompet ,potong kain katun, viselin dan kain sponbond berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama yaitu 26cm x 20 cm (untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar)

2. Untuk bagian dalam dompet, potong lagi kain sponbond dengan ukuran 26cm x 20cm. Potong 2 kain katun + viselin masing-masing ukuran 26cm x 7cm dan 26cm x 8cm. Cara ini untuk menghemat kain. Namun jika tidak ingin ribet bisa langsung menggunakan kain katun + viselin dengan ukuran 26cm x 20cm seperti ukuran kain sponbond.

3. Untuk bagian saku, potong kain katun + viselin + kain sponbond dengan ukuran 20cm x 8cm. Untuk tempat kartu, potong kain katun + viselin sebanyak 3 dengan ukuran 10cm x 9m. Potong kain sponbond berukuran 20cm x 9cm. Kain sponbond ini sebagai alas untuk menjahit tempat kartu.

Tutorial 2 membuat dompet lipat dari perca katun

4. Setelah proses memotong bahan selesai selanjutnya rekatkan viselin yang ada butiran seperti gula pada kain katun kemudian setrika. Suhu setrika jangan terlalu panas agar kain yang sudah ditempeli viselin tidak melengkung. Hasilnya seperti gambar 4.

 5. Selanjutnya lipat kain katun bagian atas dan bawah kemudian jahit pada kain sponbond. Lakukan pula untuk bagian satunya. Untuk bagian saku, jahit kelim pada salah satu sisinya. Demikian pula untuk 3 tempat kartu, jahit kelim semua pada salah satu sisinya. 


6. Setelah proses menjahit kelim selesai selanjutnya jahit tempat kartu pada kain sponbond dengan cara berlapis kemudian jahit kelim. Selanjutnya tempelkan tempat kartu dan saku pada kain sponbond seperti gambar 5. Selanjutnya gabungkan dompet bagian luar dan dalam dengan cara ditumpuk selanjutnya jahit tepi tempat kartu menindas dompet bagian luar.

7. Langkah berikutnya yaitu menjahit bisban pada semua sisi dompet. Untuk mempercantik dompet, beri hiasan bunga dari kain perca. Disini saya menggunakan kain perca beludru dan kancing hias.


8. Proses pembuatan dompet lipat selesai .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar